Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja

Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja - Hallo sahabat Berita Otomatis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja
link : Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja

Baca juga


Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja

Langgur, Malukupost.com - Jelang Hari Kesehatan Nasional Ke-53 tahun 2017, Dinas Kesehatan (Dinkes) Maluku Tenggara (Malra) menggelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja, yang dipusatkan di Aula Akademi Keperawatan (Akper) Malra, Selasa (7/11). Kepala Dinkes Malra, Dr. K Notanubun, dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Bina Kesehatan Masyarakat (Binkesmas), Veronika Talupun, mengatakan, Hari Kesehatan Nasional adalah momen penting yang bukan saja bagi dinas kesehatan secara nasional namun menjadi momen penting juga bagi seluruh masyarakat.
Langgur, Malukupost.com - Jelang Hari Kesehatan Nasional Ke-53 tahun 2017, Dinas Kesehatan (Dinkes) Maluku Tenggara (Malra) menggelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja, yang dipusatkan di Aula Akademi Keperawatan (Akper) Malra, Selasa (7/11).

Kepala Dinkes Malra, Dr. K Notanubun, dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Bina Kesehatan Masyarakat (Binkesmas), Veronika Talupun, mengatakan, Hari Kesehatan Nasional adalah momen penting yang bukan saja bagi dinas kesehatan secara nasional namun menjadi momen penting juga bagi seluruh masyarakat.

Menurut Notanubun, kesehatan bukan hanya milik dan tanggung jawab orang kesehatan tapi merupakan milik dan tanggung jawab semua masyarakat, sehingga apapun masalah yang dihadapi harus menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama.

"Lomba penyuluhan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap  peringatan HUT Kesehatan Nasional dengan tema Keluarga Sehat dan Indonesia Sehat, dengan harapan melalui kegiatan ini dapat mengamalkan kecintaan dan kebanggaan terhadap kesehatan," ujarnya.

Notanubun katakan, dewasa ini telah terjadi pergeseran pola penyakit, dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular. Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), ada tiga penyebab utama kematian sekarang ini adalah akibat penyakit tidak menular.

"3 penyebab utama itu yakni penyakit jantung, penyakit kanker dan penyakit akibat kecelakaan lalu lintas, dan kondisi ini diprediksi akan tetap sama di tahun 2020," tandasnya.

Notanubun menambahkan, tantangan terbesar dalam menghadapi masalah kesehatan ini adalah perilaku masyarakat, karena merubah perilaku seseorang bukanlah hal yang mudah, namun juga merupakan sesuatu yang tidak mungkin.

"Terlebih bagi para siswa-siswi agar dapat menyalurkan bakat dan termotivasi untuk melakukan penyuluhan-penyuluhan dalam bidang kesehatan, baik untuk keluarga, masyarakat dan terlebih untuk dirinya sendiri, agar siswa-sisiwi tersebut bisa merubah perilakunya sendiri untuk meningkatkan derajat kesehatannya," tandasnya.

Dijelaskan Notanubun, untuk dapat merubah perilaku seseorang dibutuhkan informasi dan pengetahuan yang benar, dan hal ini dapat diberikan melalui penyuluhan kesehatan.

"Keterlibatan siswa-siswi dalam membantu menyebarluaskan informasi kesehatan akan sangat berarti, mengingat mereka memiliki lingkungan pergaulan yang lebih luas, dan hal yang lebih penting adalah mereka merupakan aset bangsa yang harus dibina dan diberdayakan untuk menjadi modal pembangunan bangsa di masa yang akan datang," katanya.

Notanubun berharap, lomba penyuluhan kesehatan ini akan memberikan pengalaman yang baru bagi siswa-siswi, dan semoga kemampuan siswa-siswi tidak hanya sebatas perlombaan tapi mampu menjadi motivator bagi setiap orang, minimal keluarga dan diri sendiri, untuk memulai gaya hidup sehat sebagai bentuk dukungan terhadap program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).

Sekedar diketahui, perlombaan Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja ini diikuti oleh siswa-siswi  tingkat SMA diantaranya SMU Sanata Karya Langgur, SMU Negeri 2 Kei Kecil, SMU Negeri 3 Kei Kecil dan SMK Kesehatan. (MP-11)


Demikianlah Artikel Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja

Sekianlah artikel Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja dengan alamat link http://beritaotomatis.blogspot.com/2017/11/dinkes-malra-gelar-lomba-penyuluhan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dinkes Malra Gelar Lomba Penyuluhan Kesehatan Tingkat Remaja"

Post a Comment